Sabtu, 07 Januari 2017

Rangkuman Pertemuan ke-1 Etika Bisnis#

NAMA                        : Aisyah Rizana Rahmah
NPM                           : 10213505
KELAS                       : 4EA18
MATA KULIAH        : ETIKA BISNIS #
TUGAS                       : Rangkuman Materi 1
MATERI                     : 1. Prinsip etika dalam bisnis serta etika dan lingkungan.
                                      2. Model etika dalam bisnis, sumber nilai etika, dan faktor-faktor yang
                                          mempengaruhi etika manajerial.
                                      3. Norma dan etika dalam pemasaran, produksi, manajemen sumber daya
                                          Manusia dan finansial.

PRINSIP ETIKA DALAM BISNIS
SERTA ETIKA DAN LINGKUNGAN
Pengertian Etika
Etika berasal dari bahasa Yunani “Ethos”  yang berarti adat istiadat atau kebiasaan, sehingga hal ini berarti etika berkaitan dengan nilai-nilai , tata cara hidup yang baik, aturan hidup baik dan segala kebiasaan yang dianut dan di wariskan dari satu orang keorang lain atau dari satu generasi ke generasi yang lain.
Relavansi Etika Bisnis dan Keuntungan
      Bisnis adalah kegiatan ekonomis. hal-hal yang terjadi dalam kegiatan ini adalah tukar-menukar, jual beli, memproduksi-memasarkan, bekerja-mempekerjakan, serta interaksi manusiawi lainnya, dengan tujuan memperoleh keuntungan. Dapat dikatakan bahwa tujuan utama bisnis adalah mengejar keuntungan.
      Sonny Keraf menyatakan etika bisnis justru hanya memiliki relevansi bagi para pelaku bisnis yang menginginkan bisnisnya sukses dan bertahan lama. Dalam konteks bisnis yang kompetitif, setiap perusahaan berusaha untuk unggul berdasarkan kekuatan objektifnya.
      Dalam kaitan dengan hal itu, satu hal penting dalam persaingan bisnis yag ketat adalah membangun relasi bisnis. Relasi bisnis hanya mungkin dijalin dan dipertahankan atas dasar kepercayaan. Kepercayaan hanya bisa dibuktikan dan ditunjang oleh nilai-nilai moral yang nyata, seperti kejujuran, saling menghargai, kesetiaan, pelayanan yang baik, dan seterusnya.
Prinsip-Prinsip Umum Etika Bisnis
      Tanpa mengabaikan kekhasan sistem nilai dari setiap masyarakat bisnis, Sonny Keraf menyebutkan secara umum terdapat lima prinsip etika bisnis, Yaitu :
      1. Prinsip otonomi
      2. Prinsip kejujuran
      3. Prinsip keadilan
      4. Prinsip saling menguntungkan
      5. Prinsip integritas moral.
           
Etos Bisnis
      Etos bisnis adalah suatu kebiasaan atau budaya moral menyangkut kegiatan bisnis yang dianut dalam suatu perusahaan dari satu generasi ke generasi berikutnya.
Inti dari etos bisnis :
·         pembudayaan atau pembiasaan penghayatan akan nilai,
·         norma,
·         prinsip moral tertentu  
Wujud dari etos bisnis :
·         pelayanan,
·         pengutamaan mutu,
·         disiplin, kejujuran,
·         tanggung jawab
Pendekatan Stakeholders
      Stakeholders adalah semua pihak terkait yang berkepntingan dengan kegiatan suatu bisnis atau perusahaann. Pada umumnya ada dua kelompok stakeholdes, yaitu kelompok primer dan kelompok sekunder. Kelompok primer terdiri dari pemilik modal atau saham, kreditor, karyawan, pemasok, penyalur, dan konsumen. Sedangkan kelompok sekunder terdiri dari pemerintah setempat pemerintah asing, media massa, kelompok sosial, masyarakat setempat, serta masyarakat pada umumnya.
Ada 2 macam norma dalam etika, yaitu :
·         Norma Khusus : Aturan yang berlaku pada bidang pendidikan,  ekonomi dan     bidang- bidang lainnya.
·         Norma Umum : Adalah sebuah norma yang bersifat umum atau universal. Pada norma ini meliputi : Norma Sopan Santun, Norma Hukum, Norma Moral
Teori Etika
Ada 2 macam teori etika, yaitu :
1. Teori Deontologi
      Barsal dari bahasa Yunani , Deon yang artinya kewajiban. Sehingga Etika Deontologi menekankan kewajiban manusia untuk bertindak secara baik.
2. Etika Teologi
      Adalah etika yang mengukur baik buruknya suatu tindakan berdasarkan tujuan yang akan dicapai dengan tindakan itu atau berdasarkan akibatnya yang ditimbulkan atas tidakan yang dilakukan.




MODEL ETIKA DALAM BISNIS, SUMBER NILAI ETIKA, DAN FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ETIKA MANAJERIAL
Etika merupakan ilmu yang mendalami standar moral perorangan dan standar moral masyarakat. Etika Bisnis merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah. Studi ini berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis. Etika bisnis adalah cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat.
Tiga pendekatan dasar/ tiga metode pendekatan dasar dalam dalam merumuskan tingkah laku etika bisnis, yaitu :
·         Utilitarian Approach 
·         Individual Rights Approach 
·         Justice Approach 
Sedangkan model etika dalam bisnis pada umumnya terbagi menjadi 3, yaitu :
Menurut Carroll dan Buchollz (2005) dalam Rudito (2007:49) membagi tiga tingkatan manajemen dilihat dari cara para pelaku bisnis dalam menerapkan etika dalam bisnisnya :
1.      Immoral Manajemen
2.      Amoral Manajemen
Ada dua jenis lain manajemen tipe amoral ini, yaitu :
         Pertama, manajer yang tidak sengaja berbuat amoral (unintentional amoral manager).
         Kedua, tipe manajer yang sengaja berbuat amoral.
3.      Moral Manajemen
Etika bisnis yang harus dipahami dan dilakukan para profesional, antara lain:
·         Sebutkan nama lengkap
·         Berdirilah saat memperkenalkan diri
·         Ucapkan terima kasih secukupnya
·         Kirim ucapan terima kasih lewat email setelah pertemuan bisnis
·         Jangan duduk sambil menyilang kaki
·         Tuan rumah yang harus membayar
Prinsip-prinsip etika bisnis menurut Coux Round Table
- Tanggung jawab dalam hal yang dikerjakan
- Dalam aspek berbisnis harus menuju inovasi, keadilan, dan komunitas dunia
- Saling percaya dalam perilaku
Sumber-Sumber Nilai Etika
• Agama
• Filsafat
• Pengalaman dan Perkembangan Budaya
• Hukum
Pengertian Etika Manajerial
           Etika Manajerial adalah keputusan manajemen untuk membicarakan apa yang baik dan buruk dan apa tugas dan kewajiban moral dan sebagai sebuah studi bagaimana keputusan kita mempengaruhi orang lain dalam pekerjaan mereka serta lingkungnnya.
Faktor-faktor yang mempengaruhi Etika Manajerial sebagai berikut :
  • Ciri-ciri individu (ex: leadership)
  • Variabel-variabel struktural.
  • Budaya organisasi
·         Tempat Kendali (locus of control)
·         Strategi dan Performasi

NORMA DAN ETIKA DALAM PEMASARAN, PRODUKSI, MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN FINANSIAL
Etika pemasaran dalam konteks produk:
·         Produk yang dibuat berguna dan dibutuhkan masyarakat.
·         Produk yang dibuat berpotensi ekonomi atau benefit
·         Produk yang dibuat bernilai tambah tinggi
·         Produk yang dapat memuaskan masyarakat
Etika pemasaran dalam konteks harga:
·         Harga diukur dengan kemampuan daya beli masyarakat.
·         Perusahaan mencari margin laba yang layak.
·         Harga dibebani cost produksi yang layak.
Etika pemasaran dalam konteks tempat / distribusi:
·         Barang dijamin keamanan dan keutuhannya.
·         Konsumen mendapat pelayanan cepat dan tepat.
Etika Pemasaran dalam konteks promosi :
·         Sebagai sarana menyampaikan informasi yang benar dan obyektif.
·         Sabagai sarana untuk membangun image positif.
·         Tidak ada unsur memanipulasi atau memberdaya konsumen.
·         Selalu berpedoman pada prinsip kejujuran.
·         Tidak mengecewakan konsumen.
Iklan : Bentuk komunikasi tidak langsung yg didasari pada informasi tentang keunggulan suatu produk sehingga mengubah pikiran konsumen untuk melakukan pembelian.
Fungsi Iklan : Iklan sebagai pemberi informasi dan pembentuk pendapat umum tentang sebuah produk yang ditawarkan di pasar.

 Prinsip – prinsip Etis Dalam Iklan
·         Iklan tidak boleh menyampaikan informasi yang palsu
·         Iklan wajib menyampaikan semua informasi tentang produk yang diiklankan.
·         Iklan tidak boleh mengarah pada pemaksaan.dan mengarah pada tindakan yang bertentangan dengan moralitas.

·         Etika bisnis di Bidang Pemasaran Dalimunthe (2004)
1.      Pengendalian Diri
2.      Pengembangan Tanggung Jawab Sosial (Social Responsibility)
3.      Mempertahankan Jati Diri
4.      Menciptakan Persaingan yang Sehat
5.      Menerapkan Konsep “Pembangunan Berkelanjutan”
6.      Menghindari Sifat 5K (Katabelece, Kongkalikong, Koneksi, Kolusi dan Komisi)
7.      Mampu Menyatakan yang Benar itu Benar
8.      Menumbuhkan Sikap Saling Percaya antar Golongan
9.      Konsekuen dan Konsisten dengan Aturan main Bersama
10.  Memelihara Kesepakatan
11.  Menuangkan ke dalam Hukum Positif

Rabu, 28 Desember 2016

ETIKA BISNIS

NAMA                        : Aisyah Rizana Rahmah
NPM                           : 10213505
KELAS                       : 4EA18
MATA KULIAH         : ETIKA BISNIS #

ETIKA BISNIS
            Kali ini saya selaku penulis akan membahas topik mengenai etika bisnis. Sebelum membahas mengenai kasus yang biasanya terjadi dalam etika bisnis, ada baiknya membahas definisi dari etika bisnis itu sendiri.

·         Etika Bisnis               
Pertama adalah kata etika, Menurut bahasa Yunani, kata etika berawal dari kata ethos yang   memiliki arti sikap, perasaan, akhlak, kebiasaan, watak. Kata kedua adalah bisnis, yang diartikan sebagai suatu usaha. (http://bisnisi.com/pengertian-definisi-tujuan-dan-fungsi-etika-bisnis/ dikutip pada pukul 11 :38 )
 Jika kedua kata tersebut dipadukan, yaitu etika bisnis maka dapat didefinisikan sebagai cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat. Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat.

Kasus yang akan dibahas dalam penulisan ini ialah “FAKE GPS” yang dilakukan oleh pengemudi yang tergabung dalam aplikasi perusahaan G**b dengan jenis nya ialah “G**B C*R” dan pihak yang dirugikan ialah saya sendiri selaku penulis sebagai konsumen dari grab car yang mengalami hal tersebut.
Pada pukul 21.31 saya melakukan pemesanan Grab car dengan tujuan pulang ke rumah saya di jl.n********* Kode pemesanan ADR-8510389-2-076 dengan driver g**b c** berinisial “MS” ( T****a A****a ) plat nomor B **** EOQ. Selang waktu kurang lebih 15 menit di aplikasi tertera bahwa driver mengaku sudah sampai di tujuan untuk menjemput saya dan mengantarkan saya ketempat tujuan. Setelah 30 menit berlalu pengemudi tersebut tidak kunjung datang berhubung saya tidak memiliki pulsa akhirnya saya menghubungi via grab chat menanyakan keberadaan nya tetapi tidak dibaca dan hanya terkirim saja. Setelah 20 menit kemudian dengan total waktu menunggu 1jam 5menit di dalam aplikasi driver tersebut mengaku sudah mengantar saya ketempat tujuan karena muncul pemberitahuan untuk memberikan rating. Saya merasa ada yang aneh dan ternyata iya driver tersebut telah melakukan kebohongan dan penipuan pada saya dan perusahaan yang menaungi nya yaitu “G**B” dengan melakukan “FAKE GPS” di aplikasi tersebut yang menunjukkan bahwa dia sudah menjemput dan mengantarkan saya sesuai dengan tujuan.
Di dalam etika bisnis mengandung beberapa prinsip-prinsip salah satu nya ialah prinsip kejujuran dimana dalam kasus ini driver tersebut tidak menerapkan prinsip kejujuran serta prinsip saling menguntungkan karena akibat dari “FAKE GPS” yang di lakukan oleh driver tersebut merugikan perusahaan yang menaungi nya dan konsumen.
Dalam kasus tersebut menunjukkan bahwa driver tidak memiliki etika berbisnis dalam bidang jasa yang baik, karena telah melakukan kebohongan dan penipuan dengan cara “FAKE GPS”. Sikap yang ditunjukkan oleh driver tersebut sangat jauh dari etika kesopanan yang seharusnya dilakukan dalam berbisnis. Namun perusahaan yang menaungi nya sudah cukup baik, merespon dengan cepat dan memberitahukan pada saya selaku konsumen bahwa driver tersebut akan diberikan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku dalam perusahaan.
Kesimpulan yang dapat diambil dari kasus ini bahwa driver tersebut tidak memiliki etika bisnis yang baik dengan perusahaan dan konsumen nya. Serta menimbulkan ketidak nyamanan, dan hlangnya kepercayaan dari konsumen. Perusahaan yang menaungi driver tersebut memiliki etika berbisnis yang baik dengan segera merespon keluhan konsumen. Pihak perusahaan harusnya memiliki etika bisnis yang baik apabila ingin perusahaan nya tetap berjalan sesuai dengan seharusnya. Kekurangan nya pihak perusahaan merespon otomatis keluhan konsumen dengan isi yang (sama) otomatis dari costumer service.

Saya selaku penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kata-kata yang salah dan kurang berkenan. Penulisan ini tidak bermaksud menyinggung atau merugikan pihak manapun. Penulisan ini hanya untuk pemenuhan tugas mata kuliah etika bisnis dan untuk bahan pertimbangan dari konsumen lain untuk lebih berhati-hati.

Minggu, 05 Juni 2016

TUGAS BAHASA INDONESIA# KE-4

Nama          : Aisyah Rizana Rahmah ( 10213505 )
Kelas           : 3-EA-18
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia#
Tugas          : Meresensi Buku Biografi

Judul Buku                    : KIPRAH ALUMNI HMI-Wati: Inspirasi Perempuan
                                        Indonesia.  
Jumlah Halaman             : 405
Pengarah                        : Presidium Forhati Nasional
Penanggung Jawab           : Ketua Forhati Nasional 2013 ( Kamsani Chaniago )
Ketua                             : Rahmiwati Marsinun
Sekertaris                       : Isnadiati ( almh )
Bendahara                      : Lis Efendi

Tim Ahli/Editor
A.Z Abidin Urra
Alfan Alfian

Tim Penulis
Puan Rizky Wahyuni ( Koordinator )
Fitriyani
Aryo Dharma Irhamna
Rahmi Kardiana
Ninin Herlina
Rahmayanti HS

Sekertariat
Luli Barlini
Rinar Lydia
Siti Mahmudah
Desain Sampul dan Isi
Heri Sanjaya Putra

Diterbitkan pertama kali oleh Majelis Nasional KAHMI
Jakarta, 2016

ULASAN
          Buku ini merupakan kumpulan beberapa biografi orang-orang hebat alumni HMI ( Himpunan Mahasiswa Islam )- Wati yang kini tergabung dalam KOHATI. Salah satu biografi yang menarik setelah saya baca buku ini adalah biografi Nunung Nurdjanah A.M Fatwa. Beliau lahir di Ciamis, 19 Desember 1949 domisili di Jakarta. Beliau merupakan putri dari pasangan H. Saefudin Ishak dan Hj. Sofiah Marwah serta istri dari politisi senior A.M Fatwa.
          Sosok beliau terlepas dari istri seorang politisi memang seorang yang gemar berorganisasi terbukti dengan masuknya beliau di HMI sejak awal masuk kuliah. Beliau membuktikan dengan masuknya beliau di lembaga organisasi mendapatkan banyak sekali pengalaman,pembelajaran baik mengenai agama,organisasi itu sendiri,perjuangan dan kebersamaan.

          Tidak berhenti pada itu saja beliau juga mendirikan YPF ( Yayasan Putra Fatahilah ) pada tanggal 23 Oktober 1978. YPF yang didirikan oleh beliau kini memngelola berbagai kegiatan meliputi : Sekolah Tinggi Ekonomi dan Perbankan Islam Mr. Sjafruddin Prawiranegara, lembaga riset The Fatwa Center dan lain-lain. Hal tersebut beliau lakukan untuk membuktikan bahwa manfaat dari berorganisasi sangatlah banyak. Kini beliau terlepas dari istri seorang politik mampu dikenal oleh masyrakat sebagai seseorang yang sangat organisator di bidangnya khususnya di organisasi HMI,KOHATI, yang menghantarkan nya pada kesuksesan nya sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas.

TUGAS BAHASA INDONESIA# KE-3

Nama          : Aisyah Rizana Rahmah ( 10213505 )
Kelas           : 3-EA-18
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia#
Tugas          : Meresensi Buku Non Fiksi

Judul Buku : BUKU PANDUAN PINTAR TATA BAHASA PRANCIS
Oleh            : Paryatun
                     All right reserved
                     Hak Cipta Dilindungi Undang – Undang

Penyunting            : Nien
Penata Letak         : Rahma Setyaningrum
Desain Sampul      : Gunawan
Penerbit                : CABE RAWIT
                               Jl. Cempaka Putih No.8
                               Deresan CT.X, Gejayan, Yogyakarta 55283
                               Telp. ( 0274 ) 556043/555939
                               Faks. ( 0274 ) 546020
                               e-mail: penerbitcaberawit@yahoo.co.id
                            Katalog Dalam Terbitan ( KDT )
                               Buku Panduan Pintar Tata Bahsa Prancis/Paryatun, Penyunting: Nien – Cet. 1-
                               Yogyakarta: Penerbit Cabe Rawit, 2015, vi + 218 hlm; 18 x 23 cm
                                ISBN 979-620-052-X
                                ISBN 978-979-620-052-8
 ULASAN
          Bahasa prancis adalah bahasa yang sangat mendunia dan dihormati di negara nya. Sering kali dinamai dengan bahasa international kedua setelah bahasa inggris. Hal ini menjadikan bahasa Prancis sebagai bahasa pergaulan international. Di daerah wisata menara eiffel di Paris,Prancis bahasa prancis terbukti sebagai bahasa yang dihormati dan dibanggakan oleh warga negara tersebut dengan cara, warga negara disekitar itu hanya mau menjawab dan berkomunikasi dengan bahasa Prancis.
          Keistemewaan bahasa Prancis dibuktikan dengan karakteristik yang membedakan bahasa Prancis dengan bahasa-bahasa lain di dunia. Bahasa Prancis sering disebut dengan bahasa budaya karena berkaitan dengan berbagai macam seni tulis,bahasa dan lain nya.
          Dari buku ini menunjukkan bahwa bahasa Prancis memiliki keunikan atau karakteristik tersendiri biasa disebut dengan “Genre Gramatikal” atau tata bahasa gender yang tidak dimiliki oleh bahasa Indonesia. Di buku ini menerangkan bahwa bahasa Prancis pada umumnya setiap benda diberi jenis kelamin maskulin atau feminim demi memenuhi tata bahasa itu sendiri.
         
KEKURANGAN
          Menurut saya,buku ini kurang akan penjelasan tehnik pengucapan huruf maupun kata dalam bahasa Prancis sehingga menyebabkan pembaca sulit mengetahui cara membaca serta pengucapan kalimat dan kata dalam bahasa Prancis.

KELEBIHAN
          Menurut saya Cover buku sangat menarik dan cukup colorfull sehingga menarik minat pembaca khususnya anak muda untuk mempelajari bahasa Prancis. Penekanan arti di setiap kata serta kalimat disertai dengan tanda yang cukup jelas. Warna tulisan tidak terlalu monoton karena dilengkapi dengan beberapa gambar hiasan di tiap halaman.



KESIMPULAN
          Setelah saya membaca buku ini saya mengerti bahwa setiap bahasa di dunia memiliki keunikan dan keanekaragaman nya masing-masing. Namun bahasa Prancis yang dianggap sebagian orang sulit untuk dipelajari ternyata tidak dibuktikan setelah membaca buku ini. Buku ini membuat bahasa Prancis mudah dipahami untuk pembelajar bahasa Prancis bagi pemula.


Kamis, 28 April 2016

TUGAS BAHASA INDONESIA KE 2 #

Nama               : Aisyah Rizana Rahmah ( 10213505 )
Kelas               : 3-EA-18
Mata Kuliah     : Bahasa Indonesia#

POLITIK PILKADA GUBERNUR DKI JAKARTA 2017
Ilmu politik Teori politik merupakan kajian mengenai konsep penentuan tujuan politik, bagaimana mencapai tujuan tersebut serta segala konsekuensinya. Bahasan dalam Teori Politik antara lain adalah filsafat politik, konsep tentang sistem politik, negara, masyarakat, kedaulatan, kekuasaan, legitimasi, lembaga negara, perubahan sosial, pembangunan politik, perbandingan politik, dll.
Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli - Selain pengertian ilmu politik secara umum, terdapat beberapa pendapat para ahli mengenai pengertian ilmu politik yaitu sebagai berikut.

A. Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli Luar Negeri 

  • Roger. F. Soltau: Pengertian ilmu politik menurut Roger. F. Soltau adalah ilmu yang mempelajari negara, tujuan-tujuan negara dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan-tujuan itu; hubungan antara negara dengan warga negaranya serta dengan negara-negara lain. 
  • Ossip K. Flectheim: Pengertian ilmu politik menurut Ossip K. Flectheim adalah ilmu sosial yang khusus mempelajari sifat dan tujuan dari negara sejauh negara merupakan organisasi kekuasaan beserta sifat dan tujuan gejala-gejala kekuasaan lain yang tak resmi yang dapat mempengaruhi negara. 
  • Hoogerwerf: Pengertian ilmu politik menurut Hoogewerf adalah kebijakan pemerintah, proses terbentuknya serta akibat-akibatnya. 
  • Mas Weaber: Pengertian ilmu politik menurut Max Weaber adalah kemampuan untuk membuat orang lain melakuikan sesuatu yang tidak dikehendakinya.
  • Paul Janet: Menurut Paul Janet bahwa pengertian ilmu politik merupakan sebagai ilmu yang mengatur perkembangan negara begitu juga prinsip-prinsip pemerintahan. 

B. Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Ahli Indonesia 
  • Miriam Budiardjo: Menurut Miriam Budiardjo, bahwa pengertian ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari tentang perpolitikan. Politik diartikan sebagai usaha-usaha untuk mencapai kehidupan yang baik. Orang Yunani seperti plato dan aristoteles menyebutnya sebagai en dam onia atau the good life (kehidupan yang baik). 
  • Deliar Noer: Pengertian ilmu politik menurut Deliar Noer yang dalam buku pengantar pemikiran politik, ilmu politik memusatkan perhatian pada masalah kekuasaan dalam kehidupan bersama atau masyarakat. 
  • Kosasih Djahiri: Pengertian ilmu politik menurut Kosasih Djahiri bahwa ilmu politik melihat kekuasaan sebagai inti dari politik melahirkan sejumlah teori mengenai cara memperoleh dan melaksanakan kekuasaan. Sebenarnya setiap individu tidak dapat lepas dari kekuasaan, sebab memengaruhi seseorang atau sekelompok orang yang dapat menampilkan laku seperti yang diinginkan oleh seseorang atau pihak yang memengaruhi. 
  • Idrus Affandi: Menurut Idrus Affandi, pengertian ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari kumpulan manusia yang hidup teratur dan memiliki tujuan yang sama dalam ikatan negara. 

Terdapat banyak sekali sistem politik yang dikembangkan oleh negara negara di dunia antara lain : Anarkisme,autoritarian, demokrasi, diktatorisme, fasisme, federalisme, feminisme, fundamentalisme keagamaan, globalisme, imperialisme, kapitalisme, komunisme, liberalisme, libertarianisme, marxisme, meritokrasi, monarki, nasionalisme, rasisme, sosialisme, theokrasi, totaliterisme, oligarki dll.
Dalam konteks memahami politik perlu dipahami beberapa kunci, antara lain :
Kekuasaan politik, legitimasi, sistem politik, perilaku politik, partisipasi politik, proses politik, dan juga tidak kalah pentingnya untuk mengetahui seluk beluk tentang partai politik.
Secara etimologi kata “politik” masih berhubungan dengan polisi, kebijakan. Kata “politis” berarti hal-hal yang berhubungan dengan politik. Kata “politisi” berarti orang-orang yang menekuni hal politik.
Di samping itu politik juga dapat ditilik dari sudut pandang berbeda, yaitu antara lain:
  • Politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama (teori klasik Aristoteles)
  • Politik adalah hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara
  • Politik merupakan kegiatan yang diarahkan untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan di masyarakat
  • Politik adalah segala sesuatu tentang proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik.

Dengan kata lain PILKADA GUBERNUR DKI JAKARTA 2017 nanti harus dilaksanakan sesuai dengan tujuan penerapan ilmu politik dan penyelanggaraan politik itu sendiri. Tujuan penyelenggaraan politik dalam hal ini adalah PILKADA haruslah bertujuan memajukan daerah serta tidak merugikan berbagai pihak dan tidak menyinggung SARA. Ketentuan dalam memilih dan selama proses pemilihan harus diperhatikan secara cermat,jujur dan adil tanpa memihak.
            Para calon gubernur pun harus memenuhi kriteria pemilihan sehingga layak untuk dipilih dan pada akhirnya bisa menjabat serta mengemban tugas sebagai Gubernur DKI 2017. Seleksi yang ketat pun harus dilakukan oleh KPU dan parpol yang mengusung agar kemajuan daerah yang diharapkan oleh rakyat dapat berjalan seharusnya dan sebagaimana mesti nya.
( Pendapat : Rinar Lydia )

REFERENSI
*
http://www.dosenpendidikan.com/6-pengertian-polotik-dan-ilmu-politik-menurut-para-ahli/
*
http://www.apapengertianahli.com/2014/09/pengertian-ilmu-politik-menurut-para.html